Friday, April 29, 2016

Menambah Penghasilan Dengan Memanfaatkan Pekarangan

Menambah Penghasilan - Saat ini kondisi ekonomi dirasakan sebagian besar masyarakat semakin sulit. Harga naik mengikuti inflasi tidak terkejar oleh pendapat banyak kaum pekerja berpenghasilan paspasan. "Jangakan sampai menabung apa lagi memikirkan biaya pendidikan anak dan kesehatan masih bisa makan hari ini saja dirasa sangat bersyukur." itu kata beberapa orang yang pernah tanya jawab dengan kami. Semua masalah  tersebut sebenarna dapat diatasi jika kita lebih kreatif. Banyak sekali peluang usaha yang bisa kita temui untuk mengatasi berbagai masalah ekonomi yang sedang dihadapi sekarang ini. Kita harus menggunakan jurus ekonomi kreatif kata orang orang pinter. 

Melihat kelingkungan terdekat yaitu rumah, itu merupakan salah satu sarana membuat usaha yang bagus untuk menambah penghasilan. Memanfaatkan pekarangan rumah yang selama ini tidak terpakai menjadi solusi ekonomi kreatif yang bisa kita lakukan. Tidak menutup kemungkinan kita akan bisa meraup keuntungan hingga ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah dari pekarangan yang selam ini tidak pernah terpakai, Terutama pekarangan rumah orang yang berada di pedesaan. Banyaak sekali usaha yang bisa di kemangkan berawal dari pekarangan rumah. Berikut ini beberapa cara menambah penghasilan dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

1. Menanam Sayuran


Cara Menambah PenghasilanIni merupakan salah satu alternatif termudah memanfaatkan pekarangan. Menanam sayuran dipekarangan yang utamanya berumur pendek dapat membantu mengangkat tingkat penghasilan. Beberapa sayuran yang bisa kita tanam dipekarangan antara lain bayam, sawi, selada, kangkung, kenikir dan berbagai masih banyak lagi yang lain nya. Solusi jika lahan pekarangan yang kita miliki tidak terlalu luas, bisa digunakan tehnik penanam sayur vertikal. Untuk pemasaran sayuran juga sangat mudah lingkungan merupakan konsumen terdekat yang bisa kita jadikan sasaran market paling potensial. Namun jika lingkungan tidak mampu menyerap hasil produksi kita, pasar tradisional pasti mampu menampungnya. Keunggulan dari menanam sayuran ini adalah tidak memerlukan perawatan khusus jadi kita tetap bisa bekerja sambil meluangkan sedikit waktu untuk tetap merawat tanaman sayur tersebut.


2. Budidaya jamur


Pernah booming di antaratahun 2009 sampai 2013 usaha budidaya jamur ini sebenarnya juga sangat berpotensi menambah penghasilan. Hanya saja banyak yang coba coba membudi dayakan jamur tetapi belum benar benar mengetahui seluk beluk nya sehingga banyak yang mengalami gulung tikar. Memang untuk membudidayakan jamu membutuhkan keahlian khusus tetapi menurut beberapa pembudidaya jamur yang kami temui sebenarnya budidaya jamur sekala rumahan tidak begitu menyita waktu. Hanya butuh tlaten dan terus belajar.

3. Budidaya tanaman hias


Dikota kota besar taman hias yang memiliki kwalitas bagus sangat laris manis. Tidak hanya digunakan untuk tanaman peliharaan saat ini tanaman hias dengan kwalitas bagus dan dalam jumlah banyak bisa disewakan di hotel, perkantoran atau juga acara resepsi khusus seperti pernikahan. Dahulu penghias pernikahan atau perkantoran biasa menggunakan bunga bunga plistik namun sekarang semua sudah berubah perkantoran dan pesta saat ini sudah dihiasi dengan menggunakan bunga bungan dan tanaman hias nyata. Jangan menganggap remeh usaha pekarangan rumah ini. Salah satu teman saya bisa meraup keuntungan bersih hingga puluhan juta rupiah dari budidaya tanaman hias dipekarangan.

4. Budidaya cacing tanah


Ini merupakan salah satu usaha yang saat ini menjadi perhatian khusus dinas perikanan dan kelautan. Jika Anda tidak memiliki modal untuk usaha budidaya cacing dipekarangan silahakan buat proposal pengajuan modal hibah kepada dinas perikanan dan kelautan. Biasanya proposal untuk usaha ini dibuat secara kelompok dan di perbantukan secara cuma cuma. Selain modal Anda juga bisa mendapatkan pelatihan gratis dan pengarahan untuk pemasaran hasil budidaya ini. Yang pasti usaha ini juga tidak menyita waktu.

5. Budidaya jahe didalam polibag


Cara Menambah Penghasilan
Untuk yang satu ini berdasarkan pengalaman pribadi. Salah satu cara menambah penghasilan adalah dengan menanam jahe didalam polibag. Memang butuh waktu yang lama untuk memanen nya setidaknya enam hingga tuju bulan, tetapi jangan salah potensi penghasilan menanam jahe dalam polibag sangat besar. Dengan sebuah polibag ukuran sedang bisa dihasilkan hingga 2kg jahe. Jika pekarangan Anda mampu manmpung hingga 100bag bisa dikalikan sendiri hasilnya modalnya hanya bibit jahe polibag mediatanam pupuk dan air. Untuk tehnik penanamannya bisa dibaca di bagian lain dari blog ini.

Bca juga : Dagang bakso peluang usaha modal kecil untung besar

Sebenarnya masih banyak sekali usaha yang dapat kita lakukan untuk memanfaatkan pekarangan yang terbatas. Namun akan kita bahas lanjutannya dilain artikel. Terimakasi sudah membaca Cara Menambah Penghasilan Dengan Memanfaatkan Pekarang Rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya. (bisnis)