Monday, March 28, 2016

Pupuk Kompos Alternatif Penganti Pupuk Kimia

Pupuk Kompos Alternatif Pengganti Pupuk Kimia - Kesehatan dan Gaya Hidup - Dizaman medern ini semua manusia sudah sangat tergantung pada bahan bahan kimia dalam keseharian. Tidak luput juga dunia pertanian obat obatan dan pupuk adalah merupakan bahan kimia. Entah sadar atau tidak sebenarnya pupuk dan obat obatan tanaman dari bahan kimia tersebut memiliki pengaruh yang sangat buruk untuk alam dan kesehatan manusia itu sendiri. Dengan alasan untuk meningkatkan hasil pertanian bahan bahan tersebut terus menerus digunakan. Memang  benar dalam jangka pendek produktifitas hasil pertanian akan meningkat tajam namu dalamjangka panjang tentu akan memiliki dampak yang tidak baik.

Ini merupakan permasalah yang harus ditemukan solusinya, dan kreatifitas adalah jawaban yang tetap untuk mengtasi masalah ini. Ditengah seringnya terjadi kelangkaan pupuk saat musim tanam kenapa kita tidak membuat pupuk kompos alternatif pengganti pupuk kimia saja. Memang agak merepotkan tetapi tentu biaya yang akan kita keluarkan akan lebih murah juga lebih sehat.

Pupuk Kompos Alternatif Penganti Pupuk KimiaBahan bahan untuk membuat pupuk alami dangat melimpah di sekita kita. Mungkin ini pelajaran Sekolah dasar yang sudah terlupakan bahwa sampah organik bisa dijadikan pupuk kompos yang sangat bagus untuk tanaman. Salah satu tempat penyedia bahan pupuk organi paling banyak yaitu pasa sayur tradisional. Bekas sayur yang tidak layak jual sangat bagus untuk dijadikan bahan pupuk kompos. Tidak perlu beli datang saja ke pasar pasar sayur tradisional tinggal ambil. Seain gratis petugas kebersihan tentu akan senang juga. Pembuatan pupuk alam alternatif pengganti pupuk kimia ini juga sangat mudah, berikut ini cara pembuatannya.

Pertama siapakn wadah ukuran besar minimal ukuran panjang dua meter lebar satu meter tinggi satu meter. Kemudian lapisi  wadah tersebut dengan terpal. Usahakan wadah tersebut bisa tertupup rapat, ini dimaksukan proses pengoposan supaya bisa berlangsung sempurna. Siapkan bahan bisa berupa sayuran tidak layak konsumsi atau kotoran ternak atau bahan oraganik lain. Siapkan juga bakteri pengurai (bisa menggunakan EM4) campurkan bakteri pengurai dengan air bersi terlebih dahulu. Kemudian masukan bahan kompos tadi kurang lebih setinggi 10 sentimeter kemudian basahi dengan bakteri pengurai secara merata. Kemudian isi lagi setinggi 10 senti meter dan basahi lagi lakukan hingga wadah penuh dan kemudian tutup rapat dibagian atas. Tunggu proses pengomposan kurang lebih selama satu minggu. Selama waktu pengomposan jangan lupa untuk membuka tutup sedikit dan menutupnya kembali untuk mengurai gas hasil proses fermentasi tersebut. Iindikator proses pengoposan berhasil adalah bau dari gas tersebut akan berbau seperti bau tape. Setelah jadi kita bisa menggunakan. Untuk mendapatkan kompos kwalitas baik kita bisa mengayak dan memisahkan pupuk yang sudah jadi sempurna dan yang masih berbentuk bahan oraganik. Sebenarnya manafaatnya sama tetapi tampilan akan lebih menarik jika dipesahkan. Ya jadilah pupuk ini sebagai pupuk kompos alternatif pengganti pupuk kimia. (lingkungan)


Emoticon Emoticon