Monday, February 29, 2016

Desa Terbersih Didunia Ada Di Indonesia

Tags

Desa Terbersih Didunia - Siapa yang meyangka jika indonesia yang masih terkenal sebagi negara berkembang yang ermasalah dengan sampah memiliki sebuah desa yang mendapat perdikat desa terbersih didunia. Seperti sebuah mata air penyejuk di tengah gurun yang gersang, sunggu kabar yang sangat menggembirakan buat kita warga negara indonesia. Ternyata masih ada sekelompok warga yang sangat perduli dengan lingkungannya. Informasi ini dikutip dari liputan6.com, tanggal 1 Maret 2016 yang menyatakan bahwa sebuah desa wisata di bali menjadi sebuah desa yang dinyatakan sebagai desa terbersih didinunia.

Desa Terbersih Didunia

Tempat yang bernama Desa Panglipuran ini merupakan satu desa kecil yang berada di pulau dewata. Menurut tokoh masyarakat setempat tradisi menjaga kebersihan lingkungan sudah menjadi tradisi turun temurun dan terus dijanga hingga saat ini. Seluruh warga masyarakat diwajibkan menjaga dan mematuhi aturan untuk menjaga kebersihsn lingkungan. Peraturan menjaga kebersihan lingkungan diatur mulai dari rumah tangga. Setiap rumah tangga bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan rumah dan sekitar rumah mereka. Hal tersebut sudah menjadi peraturan desa yang disebut juga dengan awig awig.

Baca juga :


Warga desa mengatur dan membagi tugas kepada setiap warga untuk menjaga kebersihan seluruh bagian desa. Mereka membagi dengan teratur bagian mana yang harus dibersihkan dan siapa yang harus bertanggung jawab. Jalan desa, Tempat ibadah, Sarana umum, Fasilitas desa dan lain lain memiliki penanggung jawab kebersihan masing masing. Seluruh warga masyarakat di Desa Panglipuran memiliki komitmen dan disiplin yang sangat kuat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan warisan budaya leluhur mereka.

Desa Terbersih Didunia
image pradnyaparamitha31.blogspot.com


Salah satu cara warga menjaga desa mereka tetap bersih adalah dengan cara mengolah sampah. Warga desa panglipuran secara swadaya mengolah sampah organi yang mereka hasilkan menjadi pupuk organik. Selain membuat desa tetap bersih hal ini juga memberi nilai ekonomis tersendiri kepada warga secara tidak langsung. Tentunya desa terbersih didunia ini bisa menjadi sebuah contoh yang baik untuk kita warga negara indonesia yang tinggal didesa lain. Meniru salah kebiasaan baik ini tentu akan memberi dampak baik untuk kita semua. Jika saja warga jakarta dan kota besar lain mau meniru kebiasaan desa desa di bali ini tidak sampai satu tahun mungkin indonesia akan terbebas dari masalah sampah dan banjir yang selama ini selalu menjadi masalah kambuhan.

Anda tertarik berkunjung ke salah satu desa terbersih didunia. Mungkin hanya untuk sekedar jalan jalan atau juga ingin studi banding desa. Berikut ini alamat lengkapnya  : Desa Banjar Panglipuran, kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia



Emoticon Emoticon