Thursday, December 31, 2015

Wisata Kuliner Jogja Serba Kambing

Wisata kuliner Jogja -  Jogja merupakan daerah tujuan wisata yang sudah terkenal sejak dulu. Setiap hari ribuan wisatawan berkunjung ke tempat ini ,baik wisatawan domestic maupun wisatawan manca negara. Jogja sendiri menyuguhkan berbagai macam pilihan tempat tujuan wisata, dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja dan wisata kuliner.

Jika menyebut Jogja tentu wisata kuliner yang paling umum akan timbul dipikiran adalah gudeg dan bakpia. Tetapi mungkin belum banyak orang yang mengetahui jika sebenarnya Jogja juga memiliki kuliner lain yang rasanya tidak kalah nikamat dengan gudeg. Sate identek dengan gandengan kata Madura. Tapi ternyata diJogja ada sate jenis yang lain yaitu Sate Klathak.



Wisata Kuliner Jogja

Bahan utama sate ini sama saja  dengan bahan sate pada umumnya yaitu daging kambing. Yang membedakan sate ini dengan sate yang umumnya adalah bumbu dan komposisi daging yang digunakan. Sate pada umumnya menggunakan bahan dasar daging kambing dengan mengikutkan bagian daging yang berlemak, sedangakan sate klathak hanya menggunakan 100 % daging sebagai bahan. Dari segi bumbu sate pada umumnya dibakar dengan menggunakan bumbu kecap tetapi sate klathak hanya menggunakan bumbu bawang putih dan air garam saja. Tetapi jangan salah meskipun bumbunya sederhana namun rasanya tidak kalah nikmat dengan sate pada umumnya. Yang menjadi ciri khusus sate ini adalah satu porsinya hanya berisi dua tusuk saja. Penyajian sate klathak ini biasa nya dikombinasikan dengan kuah klathak dan nasi putih.

Sentra wisata kuliner Jogja sate klathak berada  disepanjang jalan imogiri timur mulai dari Km 6 kearah selatan.  Banyak sekali tempat yang menyediakan menu ini. Namun ada beberapa tempat yang akan saya rekomendasikan disini. Beberapa tempat tersebut memiliki kelebihan kwalitas dibandingkan dengan yang lain.

Sate Klathak Pak Pong


Ini merupakan sate klathak yang paling terkenal yang ada di sepanjang jalan imogiri timur lokasi persisnya jalan imogiri timur km 10 . Rumah makan sate klathak pak pong memiliki lahan parkir yang luas dan nyaman. Tetapi jangan heran jika Anda mampir ke tempat ini, akan ada antrian yang luar biasa tapi jangan takut tidak kebagian. Tempat ini buka dari jam 10.00 sampai 23.00. Selain sate klathak Anda juga dapat menikmati tongseng dan tengleng kambing disini. Jangan kwatir soal harga yang pasti sangat terjakau.

Ronalee Resto


Tidak jauh dari tempat wisata kuliner sate klathak pak pong ada juga tempat yang sangat pas untuk menikmati sate klathak yaitu di ronalee resto. Memang resto ini tidak seperti ditempat pak pong yang khusus menyediakan sate disini banyak menu lain yang bisa dipilih tetapi sate klathak menurut saya adalah menu utama yang terbaik disini. Saat artikel ini di terbitkan Ronalee resto baru buka kurang lebih satu bulan. Namun tidak melihat berapa lama berdirinya namun rasa sate klatak disini sangat nendang. Fasilitas parkir yang luas tempat yang bersih akan membuat nyaman mampir kesini. Resto ini buka dari jam 10.00 sampai jam 22.00 dan berlokasi di jalan imogiri timur Km 8,5. Soal harga tidak jauh beda dengan yang diatas. Menu tongseng dan tengleng yang nikmat juga bisa didapatkan disini.

Untuk Ronalee resto saya coret dari daftar tempat wisata kuliner jogja serba kambing yang disarankan karena kemarin saat kami selesai liburan dan akan kembali pulang ke kota asal saya beserta rombongan mampir lagi ke resto ini. namun saat kami mampir kembali kami tidak terlayani dengan baik padahal notabene resto saat itu tidak ramai. Beberapa orang teman kami terpakasa harus melakukan pembatalan reservasi. Dan beberapa orang dari teman saya yang terlayani mendapatkan rasa sate klathak yang awal kemarin begitu nikmat menjadi cuma berasa asin dengan bahan daging yang tidak lagi segar dan kuah klathaknya pun menjadi cuma terasa kurang bumbu. Dan kami menggantinya dengan yang berikut.

Sate Klatak Pak Jade Jejeran

Setelah kecewa dengan tempat kuliner yang tersebut diatas ini karena saya beserta rombongan tidak terlayani dengan baik. Saya kemudian browsing dan tanpa sengaja menemukan sebuah blog satepakjade.blogspot.co.id yang ternyata baru di posting tanggal satu januari 2016 ini. Dan saya penasaran kemudian mencari tempat tersebut. Berbekal alamat yang tertera diblog tadi.

Setelah beberapa saat berkeliling saya akirnya menemukan lokasi tersebut. Langsung saya dan satu orang teman saya memesan dua porsi. Langsung saya mencicipi menu sate klathak ini. Ternyata rasanya sangat nikmat dengan bahan daging kambing yang benar benar segar. Dengan harga 
20.000,- perporsi sesuai yang tertera diblog. kuah klathaknya berasa nikmat. Dan kekecewaan kami yang sebelumnya terobati dengan rasa sate ini. Yang datang ke jogja silahkan mampir ke tempat ini.

Sate Klathak Pak Bari


Ini yang akan menjadi ulasan terakir dari lokasi wisata kuliner Jogja serba kambing sate klathak Pak Bari. Untuk yang dua tempat berada di lokasi yang berdekatan tetapi untuk yang satu ini beda. Sate klathak pak bari ada di Jl. Kedaton, Pleret, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ya masih sama sama di bantul juga sih hanya beda lokasi jalannya saja. selain rasa nya nikmat pelayanan ditempat ini juga sangat ramah. Berada di lokasi yang tenang karena lokasi nya sedikit masuk dari jalan raya membuat tempat ini terasa lebih istimewa. Suasana pedesaan yang nyaman dapat dirasakan disini. Anda pasti tidak akan menyesal datang ke lokasi wisata kuliner Jogja yang satu ini.

Itu tadi adalah ulasan tiga wisata kuliner jogja serba kambing yang terbaik menurut versi saya. Selamat mencoba.



Emoticon Emoticon