Sunday, December 6, 2015

Makanan Diet pasca melahirkan


makan diet
Makanan Diet pasca melahirkan, memiliki tubuh ideal menjadi impian banyak wanita apalagi pasca melahirkan. Mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan menjadi normal susah-susah gampang karena harus kompromo dengan kesehatan sang ibu. Salah satu masalah yang kerap mendatangi wanita pasca melahirkan memang berat badan yang naik secara drastis dan tubuh yang menggemuk. Belum lagi perut dan lengan yang terlihat menggelambir karena tumpukan lemak. Demi mendapatkan bentuk tubuh langsing seperti sedia kala, diet ketat dan olahraga keras pun dilakukan. Ada yang berhasil tapi banyak pula yang gagal. Normalnya berat badan wanita bisa naik antara 11 kg hingga 16 kg selama dan pasca melahirkan dan itu masih terbilang sehat. Meski begitu, tetap saja wanita ingin memiliki berat badan ideal dan bentuk tubuh ideal, atau setidaknya tubuh kembali seperti sebelum punya anak.


Makanan  diet   yang akan dikonsumsi harus dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter karena hal ini akan sangat berpengaruh bagi kesehatan ibu dan bayi. Jangan sampai mempengaruhi produksi asi. Setelah melahirkan seorang wanita perlu makanan tepat yang tidak hanya untuk melawan stres, tetapi juga memberikan energi dan nutrisi cukup agar tetap fit dan aktif. Makan-makanan sehat juga akan membantu mengatasi masalah kesehatan seperti kelelahan dan perubahan mood. Membentuk badan kembali ke ideal memang sangat susah dilakukan bagi ibu yang setelah melahirkan. Dalam artikel ini saya akan membahas makanan diet yang cocok untuk dikonsumsi wanita pasca melahirkan.


Jenis Makanan Diet Bagi Wanita Pasca Melahirkan


Berikut ini jenis makanan diet yang harus dikonsumsi oleh wanita pasca melahirkan:

Buah buahan


buah jeruk dan lemon bagus buat wanita setelah melahirkan karena dapat membantu menurunkan berat badan serta kaya kandungan vitamin dan antioksidan yang bagus buat kesehatan tubuh. Ibu dan bayi. Selain jeruk pisang juga sangat bagus untuk ibu yang baru melahirkan dan tidak ingin tubuhnya melar.

Sayur - sayuran


Konsumsi sayur pare karena memiliki kepadatan kalori yang rendah selain itu pare juga mempunyai kadar air yang tinggi sehingga bisa membuat nafsu makan berkurang. Selain pare daun katu juga dapat membantu ibu pasca melahirkan karena dapat memperlancar Asi.

Daging sapi tanpa lemak


Selain kebutuhan serat ibu pasca melahir harus juga makan makanan berprotien untuk memulihkan kondisi tubuh pasca melahirkan. Tetapi untuk yang tidak ingin mengalami masalah dengan naiknya berat badan protein tersebut bisa didapat dari mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak.

Makana Berkabohirat komplek


Saat seorang ibu melahirkan akan membutuhkan sangat banyak tenaga. Jadi pasca melahirkan tenaga tersebut harus diisi kembali. Namun untuk untuk menjaga berat badan tidak naik secara drastic disarankan mengkonsumsi makana yang mengandung karbohidrat komplek contohnya  beras merah. Tidak disarankan mengkonsumsi beras putih karana kandungan kandungan karbohidratnya yang sederhana akan membuat berat badan lebih cepat naik.


Sebaiknya setelah melahirkan hindari olahraga berintensitas tinggi seperti lari dan jogging, setidaknya delapan minggu setelah melahirkan. Pilih latihan yang lebih ringan misalnya berenang atau sepeda santai. Karena olaharaga ini sepeti berenang minim resiko cidera. Karena selain tubuh yang langsing kesehatan ibu jauh lebih penting.