Saturday, April 30, 2016

Manfaat Bangun Pagi Sebelum Adzan Subuh

Manfaat Bangun Pagi - Ketika anda terbangun dari tidur, suasana yang pertama kali anda rasakan, anda dengar dan anda lihat - sekali lagi, yang pertama kali - itulah yang secara psikologi akan mempengaruhi perasaan dan pikiran anda selanjutnya di suatu hari. Jadi kalau anda terbangun, dan merasakan manfaat bangun pagi yang pertama kali anda rasakan suasana tenang, tentram, yang anda lihat terkesan damai, indah dan yang anda dengar pun terdengar tenang, maka suasana pikiran dan perasaan anda hari itu akan selalu tenang dan semangat. Tapi bila sebaliknya, ketika anda terbangun, suasana sudah ramai, gaduh, bising, maka pikiran dan perasaan anda pun akan demikian: tidak tenang, cenderung emosional dan kurang bersemangat. 

Nah, suasana tenang, damai, indah itu bisa anda dapatkan ketika anda bangun pagi hari. Tapi, batasan bangun pagi itu sebenarnya jam berapa? Mungkin banyak versi. Ada yang bilang bangun jam 4 subuh itu termasuk bangun pagi, tapi ada yang bilang juga bangun jam 6, jam 7, jam 8 masih termasuk pagi. Tapi bagi umat Islam, ukuran bangun pagi itu sebelum adzan subuh. Dan waktu itu termasuk waktu emas ketika kita pertama kali akan merasakan suasana yang religius, tenang, damai udara yang segar dan itu adalah sebenarnya manfaat bangun pagi.

Manfaat Bangun Pagi Sebelum Adzan Subuh

Sebelum adzan subuh, anda tahu suasana masih sangat terasa tenang. Udara masih terasa segar. Belum banyak aktipitas orang-orang yang menimbulkan kegaduhan. Tenang banget pokoknya. Kemudian kalau anda kemudian bergegas ke air, mandi, berwudlu dan pergi ke mesjid untuk sholat berjamaan subuh, ketenangan yang anda rasakan akan bertambah dengan ketenangan religius yang amat berbeda dan anda bisa merasakan manfaat bangun pagi . Kalau anda berhasil melakukan rutinitas seperti itu, anda berhasil mengalahkan rasa malas untuk bangun di waktu subuh. Anda termasuk orang yang sukses memanfaatkan waktu yang sangat special guna membangun suasana hati, pikiran dan perilaku anda menjelang siang sekaligus mendapatkan manfaat bangun pagi.


Manpaat Bangun Pagi
Manfaat Bangun Pagi (fixabay.com)


Ada banyak manfaat lain bila kita terbiasa bangun pagi:

1. Dengan Bangun Pagi Kita Bisa Lebih Sehat

Udara pagi, suasana pagi, jelas lebih segar . Dengan bangun pagi kita bisa mendapatkan oksigen yang lebih segar, belum tercemar. Dengan bangun pagi dan bergerak beraktifitas sepagi mungkin, tubuh kita mendapat rangsangan sedini mungkin untuk cepat beradaptasi dengan rutinitas harian dengan suasana yang nyaman. Dengan hal tersebut kita bisa lebih sehat dan dapat menikmati manfaat bangun pagi bagi kesehatan tubuh baik  mental maupun fisik.

Baca juga : Khasiat Buah Ciplukan Untuk Obat Tradisional Herbal Mujarab

2. Dengan Bangun Pagi Kita Bisa Lebih Semangat

Merasakan suasana setiap pagi bahkan sebelum adzan subuh yang damai akan membangkitkan semangat hidup anda hari itu. Karena apa? Ibarat hitungan dari 1 - 10, anda menapaki dari angka 1, 2, 3 dst sampai 10 secara bertahap. Bila bangun siang, anda ibarat tiba-tiba menapak di hitungan 3 dengan melewatkan angka 1 dan 2. Akibatnya anda akan terburu-buru, dan mudah lelah serta melewatkan manfaat bangun pagi dengan sia-sia.

3. Dengan Bangun Pagi Kita Bisa Lebih Religius

Anda akan merasakan mengapa suasana subuh terasa lebih religius. Apalagi anda terbiasa melaksanakan sholat shubuh berjamaah di mesjid anda akan mendapatkan manfaat bangun pagi . Suasana religius, keakraban sesama jemaah di mesjid, merasakan suasana yang tenang di pagi hari, niscaya membuat anda lebih religius.

Itulah 3 manfaat yang akan terasa bila anda terbiasa bangun pagi sebelum adzan shubuh berkumandang. Niscaya anda akan menjadi orang yang sukses. Selamat membiasakan diri bangun pagi. Semangat pagi!



Emoticon Emoticon