Saturday, November 8, 2014

Manfaat Hebat Tanaman Brotowali

Apa saja manfat hebat tanaman brotowali? Brotowali yang dalam bahasa ilmiahnya di sebut Thinspora crispa (L) Miers, biasanya tanaman ini sering kita jumpai di daerah pedesaan, mempunyai ciri khas yang cara tumbuhnya dengan cara merambat suatu benda yang berada di dekatnya. Brotowali selama ini di kenal sebagai salah satu bahan untuk membuat jamu kebugaran, karena tanaman ini di percaya dapat memulihkan stamina serta menambah nafsu makan seseorang.

Untuk budidaya tanaman brotowali ini sangatlah mudah, anda hanya perlu melakukan stek pada batang, selain itu ciri khas yang paling utama dari jenis tanaman ini adalah pada rasa pahitnya yang tiada banding.

tanaman brotowali

Selain sebagai bahan pembuat jamu, ternyata manfaat brotowali juga sangat luar biasa sebagai pengobatan tradisional, di antaranya untuk mengobati penyakit dari luar, di antaranya:
  • Obat kudis
Manfaat brotowali yang pertama dapat membantu mengobati kudis. Penyakit kulit ini pada umumnya sulit sekali di sembuhkan, selain harus mengobati, seseorang harus menjaga pola hidup bersih terutama pada tubuh. Cara membuat ramuan untuk mengobati kudis : petik 3 batang brotowali sepanjang jari anda, siapkan juga  belerang sebesar biji kemiri. Campurkan keduanya dengan cara di tumbuk samapi halus, kemudian tambahkan sedikit minyak kelapa dan remas- remaslah ramuan yang telah di buat tadi, oleskan ke bagian yang terserang kudis secara merata, lakukan setiap hari secara rutin utnuk hasil cepat dan maksimal.
  • Mengobati luka luar
Khasiat ke dua dapat membantu mempercepat penyembuhan luka luar, baik itu luka bakar ataupun luka lecet. Caranya : tumbuk beberapa lembar daun brotowali sampai halus dan tempelkan pada luka. Lakukan pergantian sehari 2 kali, saat sore hari silahkan cuci luka anda dengan air rebusan dari batang brotowali.
  • Reumatik
Kita tahu bahwa reumatik merupakan penyakit tulang yang sangat sulit di obati, apalagi jenis kelainan ini tidak boleh melibatkan aksi pijatan. Untuk meredakan rasa sakit dan mengobatinya, silahkan coba cara berikut ini. Siapakan 1 batang tanaman brotowali sepanjang 15 cm. Potong batang tersebut menjadi kecil- kecil. cuci hingga bersih, kemudian rebus dengan air sebanyak 3 gelas saja. Tunggu proses perebusan sampai kra kira air hanya menjadi setengah gelas saja. Dinginkan sejenak air rebusan tersebut sebelum di lakukan penyaringan. Tambahkan  madu secukupnya untuk mengurangi rasa pahit. Lakukan secara rutin 3 kali sehari masing masing setengah gelas saja.
  • Kencing manis
Untuk pengobatan kencing manis, masih di butuhkan tambahan jenis tanaman lain yang tidak kalah pahitnya yaitu, siapkan sepertiga dari genggaman anda daun sambiloto/ sambiroto, sepertiga daun kumis kucing, satu batang brotowali sepanjang 5 cm saja (potong dan cuci). Rebus semua bahan tersebut menggunakan air 3 gelas, tunggu hingga proses merebus menyisakan kira kira 2 gelas, untuk aturan minumnya lakukan sesudah makan 2 kali sehari.

Itulah tadi manfaat serta khasiat yang luar biasa dari tanaman brotowali, untuk itu tidak ada salahnya anda mulai membudidayakan mengingat manfaat yang dapat di rasakan serta mudah dalam penanaman.