Monday, November 3, 2014

Ini Dia Penyebab Ubanan di Usia Muda

Masalah uban selama ini sering di kaitkan dengan faktor penuaan, banyak yang mengatakan jika sudah beruban maka usia sudah melebihi batas kedewasaan atau mendekati masa tua. Namun asumsi itu tidak berlaku untuk selamanya, saat ini warna rambut yang memutih atau yang sering di sebut uban bisa menyerang kita yang masih tergolong usia muda. Bahkan untuk seumuran anak SMA terkadang sudah memiliki uban, walaupun pada jumlahnya yang tidak beitu banyak.

uban

Munculnya uban di area rambut kepala kita di picu oleh kurangnya tubuh untuk memproduksi zat melanin, saat melanin sudah tidak berproduksi normal maka rambut yang baru tumbuh  tidak mendapatkan pewarnaan dan hanya berwarna putih saja.

Mencegah uban untuk tumbuh memang tidak semudah yang di bayangkan, banyak di antaranya menggunakan metode pengecatan rambut untuk menyamarkan warna putih. Padahal jika pewarna yang di gunakan tidak sesuai, hasilnya bisa membuat rambut rusak dan tibulo alergi di kulit kepala.

Mengatasi uban bisa di lakukan dengan pengobatan secara alami, salah satu cara yang bisa anda coba yaitu menggunakan bunga sepatu. Tanaman tropis ini mudah kita jumpai di lingkungan sekitar, manfaatnya dapat membantu mengembalikan kilau rambut secara alami serta memperbaiki rambut yang rusak dan kusut.

cara membuat ramuan untuk mengatasi uban sebagai berikut:

  • Siapkan selembar kelopak bunga sepatu
  • Panaskan sedikitnya 1 sendok teh minyak, bisa anda gunakan minyak zaitun, minyak kelapa ataupun minyak kemiri.
  • Masukan atau campurkan kelopak bunga sepatu tadi ke dalam minyak, tunggu beberapa saat sampai minyak berubah warna secara merata
  • Dinginkan sejenak, dan oleskan ke area kulit kepala secara merata sambil lakukan pemijatan
  • Tunggu 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dngan air bersih.
Selain cara mengolahnya seperti di atas, anda juga dapat menumbuk hingga halus kelopak bunga sepatu dan pergunakan layaknya creambath.

Berikut ini adalah beerapa penyebab tumbuhnya uban di usia muda:
  • Kekurangan vit. B12
Salah satu faktor tumbuhnya uban di picu oleh kekurangan vitamin B12. konsumsi susu dan keju dapat membantu proses pemulihan warna rambut serta mencukupi kebutuhan vitamin B12 tersebut.
  • Kesalahan diet
Diet yang kurang tepat juga bisa menjadi tumbuhnya uban, terutama bagi wanita pasca melahirkan jika tidak di lakukan diet yang benar maka kebutuhan nutrisi rambut menjadi tidak seimbang.
  • Perokok aktif
Kebiasaan merokok bukan hanya merugian kesehatan namun juga berpengaruh terhadap tumbuhnya uban di kepala. Perokok aktif lebih beresiko memiliki banyak uban sejak dini

  • Stress 
Stress juga salah satu faktor paling besar yang memicu tumbuhnya uban, saat seseorang mengalami stress maka produksi melanosit pada folikel rambut akan menjadi lambat, sehingga munculah uban.

Itulah tadi mengapa saat usia masih muda memiliki uban layaknya usia empat puluhan ke atas, selain beberapa penyebab di atas, faktor keturunan juga memungkinkan uban menghiasi kulit kepala anda.