Monday, October 27, 2014

Manfaat Daun Talas (lompong) Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Talas - Kesehatan dan Gaya Hidup - Talas merupakan tanaman yang dapat tumbuh subuh di sekitar lingkungan dekat air atau lingkungan yang mempunyai tingkat kelembapan yang cukup. Tanaman ini mempunyai ciri khas berdaun lebar dan berbatang lembut sehingga mudah patah. Banyak orang mengira bahwa talas hanya dapat di manfaatkan buahnya saja yang tergolong umbi- umbian.

Namun ternyata selain dari bagian umbi saja, struktur lain dari bagian pohon talas juga mempunyai banyak manfaat, seperti pada daun dan batangnya. Talas (Cokocasia esculentia schott) mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Di beberapa wilayah di indonesia seperti contoh daerah medan, talas di jadikan hanya sebagai makanan ternak, terutama pada batangnya. Namun apakah salah jika anda mengonsumsinya setelah mengetahui khasiat luar biasa dari tanaman ini.

Apa saja manfaat tanaman talas untuk tubuh?

  • pada daun talas


daun talas
Tanaman talas
Daun talas memiliki zat yang bernama polifenol, yang fungsi dari polifenol ada banyak jenisnya di antaranya : sebagai penangkal radikal bebas yang merusak fungsi sel- sel di dalam tubuh. Radikal bebas juga masih ada kaitanya dengan faktor utama kerusakan sel yang mempercepat penuaan.

Selain itu senyawa polifenol juga memperkuat system imun (kekebalan tubuh), melancarkan sirkulasi darah, anti tumor, mencegah tulang keropos, menyehatkan jantung dan membantu menurunkan berat badan. Selain kandungan senyawa polifenol, daun talas juga mempiliki zat bermanfaat lainya seperti karbohidrat, lemak, kalsium, fospor, Vitamin A, B1,  C dan zat besi. 

Untuk itu biasanya orang jawa memasak daun talas menjadi sebuah olahan yang bernama buntil, namun selama ini banyak orang yang belum mengetahui bahwa daun talas juga layak di konsumsi.

  • Tangkai daun talas


Tangkai pada dun talas mengandung zat yang bernama saponin. Senyawa ini berfungsi menyingkirkan kolesterol dan antiseptik. Untuk itu biasanya orang menggunakan kulit dari bagian tangkai talas untuk membungkus luka.

Selain menfaat tanaman talas di atas, pada bagian daun dan pelepah juga bisa di fungsikan sebagai obat gatal. pada bagian daun dan umbinya di gunakan untuk mengatasi radang kelenjar ringan, selain itu manfaat umum yang wajib anda ketahui adalah talas di gunakan untuk obat pencernaan seperti tukak pada lambung, gangguan bronchial dan penyakit asma.

Baca juga : Membasmi Kutu Rambut Dan Kutu Kelamin Dengan Daun Sirsak

Itulah tadi manfaat daun talas untuk kesehatan, setelah anda mengetahui berbagai manfaat di atas silahkan coba mengonsumsinya agar tidak seperti sebuah pepatah bagaikan air di daun talas, yang berarti tidak punya pendirian. (kesehatan)