Tuesday, October 7, 2014

Makanan Yang Menjadi Pemicu Ketombe

Makanan Yang Menjadi Pemicu Ketombe - seperti kita tahu bahwa kehadiraya merupakan problema hampir setiap orang, karena hadirnya ketombe kebanyakan di sebabkan dari faktor iklim, sehingga kelembapan di daerah kulit kepala akan terganggu dan lapisan kulit kepala kekeringanya mengalami  peningkatan yang pada akhirnya terkelupas dan menjadi istilah ketombe. Ketombe juga bisa di sebabkan oleh kebiasaan memakai topi dalam jangka waktu yang lama, karena penggunaan topi yang berlama- lama akan mengganggu sirkulasi udara di kulit kepala. Selain itu sebuah tips sederhana jika anda wanita berhijab agar sedikit meluangkan waktu untuk melepaskan hijab saat di rumah, yang tujuanya adalah untuk memperlancar sirkulasi udara, karena salah satu timbulnya ketombe di sebabkan oleh sirkulasi udara di kulit kepala yang kurang lancar.

ketombe

Tahukah anda, selain kebiasaan- kebiasaan dan faktor iklim di atas, ternyata masih ada penyebab lain yang menjadikan ketombe muncul di kulit kepala, yaitu faktor makanan dan minuman. Penasaran apa saja makanan dan minuman yang menyebabkan timbulnya ketombe di kulit kepala?

  • Susu Makanan Pemicu Ketombe

Memang pada dasarnya kebiasaan minum susu itu adalah suatu hal yang baik serta menyehatkan, namun perlu anda ketahui jika tubuh seseorang tidak bisa mentoleransi kandungan protein yang ada pada susu, maka akan menjadi pemicu keluarnya ketombe. Untuk itu hindari konsumsi secara berlebih produk susu, es cream dan keju.

  • Makanan Pedas dan Gorengan Pemicu Ketombe 


Makan makanan pedas dan gorengan dapat menyebabkan ketombe, apalagi jika makanan tersebut di santap pada siang hari, sehingga kondisi pedas dan panas menyebabkan keringat akan keluar dari kulit kepala dan mengalami penumpukan sehingga dapat memicu datangnya ketombe. Terlebih lagi jika anda seseorang yang suka menggunakan gel untuk melembabkan rambut. Selain karena gorengan mengandung kolesterol jika di konsumsi secara berlebihan dapat memicu minyak di kulit kepala.

  • Makanan Berkadar Gula tingi Pemicu Ketombe


Makanan manis juga salah satu penyebab timbulnya ketombe, seringnya konsumsi makanan yang mempunyai kadar gula tinggi akan memperparah kondisi kulit kepala anda. Solusinya gantilah makanan manis dengan buah buahan.

Baca juga : Tips Lentik Bulu Mata Agar Sehat dan Berbinar

Itulah tadi beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa memicu keluarnya ketombe, namun bukan berarti tidak mengkonsumsi makanan di atas akan terbebas dari ketombe, karena kebersihan juga merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga rambut dan kulit kepala agar tetap sehat sepanjang hari.