Saturday, July 5, 2014

Tips Sehat Mengatasi Rasa Lemas Setelah Berbuka Puasa

Tips mengatasi rasa lemas setelah berbuka puasa -Sebagai umat muslim Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang paling penuh berkah apabila di bandingkan dengan bulan lainya. Di mana umat muslim menjalankan kewajiban berpuasa yang waktunya dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Saat berbuka puasa merupakan moment yang paling di tunggu setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Sering kali disaat selesai berbuka puasa kita malah  merasa lemas. Ada banyak cara untuk mengatasi rasa lemas setelah buka puasa.


 Puasa


Berikut ini hal hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa lemas tersebut:

Hindari minum es

Kebiasaan buruk berbuka dari banyaknya umat islam yang menjalankan puasa adalah ketika menyantap makanan buka puasa yang di hidangkan, dari banyaknya jenis makanan minuman dingin atau es merupakan salah satu simbol favourite yang wajib di santap pertama kali bahkan rasanya es seperti minuman pokok yang wajib ada saat buka puasa.

Namun apa yang terjadi jika tubuh setelah sehari mengalami kelemahan dan kemudian di isi dengan minuman yang begitu dingin, tentunya hal tersebut membuat kondisi saraf semua organ tubuh menjadi kaget dan lemah yang akhirnya tubuh terasa tidak mampu berdiri dan melakukan aktivitas.
Untuk itu hindari minum es saat buka puasa  lebih baik minum air putih atau teh hangat saja .

Jangan langsung Berbuka dengan makanan berat.


Rosul mensunahkan saat berbuka puasa untuk minum air putih dan beberapa butir kurma. Namun kenyataannya saat ini kebanyakan orang yang berbuka puasa langsung saja makan makanan berat dalam porsi yang banyak seperti ajang balas dendam setelah seharian menahan lapar dan dahaga,  hal ini akan membuat pencernaan kita kaget karena selama sehari penuh perut dalam keadaan kosong. kebiasaan ini juga mengakibatkan tubuh menjadi lemas setelah selesai berbuka puasa. Jadi sebaiknya saat berbuka puasa akan lebih baik kita minum satu atau dua gelas air putih dan makan beberapa butir kurma, namun untuk makanan berat sebaiknya di makan setelah sholat isak dan teraweh.

Mengganti nasi dengan sayuran 

Untuk yang satu ini adalah pengalaman saya sendiri. Biasanya saat berbuka puasa akan minum air putih dua butir kurma setelah itu makan seporsi kecil sayuran rebus untuk mengurangi rasa lapar dan mengadaptasikan kembali sistem pencernaan kita terhadap makanan. Cara ini sudah terbukti membuat saya tetap segar dan tidak mengalami lemas setelah berbuka puasa. Sehingga saya bisa menjalankan ibadah sholat isak dan teraweh dengan tenang tanpa merasa lapar ataupun lemas

Pada dasarnya puasa itu menyehatkan namun kebiasaan buruk kitalah yang membuat kita tidak sehat, Itu tadi adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa lemas setelah berbuka puasa.