Thursday, April 17, 2014

Ciri- Ciri Gejala Varises Kenali Sejak Dini

Gaya hidup - Ciri- Ciri Gejala - Varises Penyakit varises memang tidak begitu berbahaya sebagai kategory jenis penyakit, bila di bandingkan dengan penyakit dalam organ tubuh manusia. Namun jika di biarkan saja varises akan menjadi gangguan tersendiri bagi penderitanya yang membuatnya menjadi kronis. Penampilan menjadi Kurang percaya diri ketika memakai celana pendek atau rok sebatas lutut.

varises

Varises adalah suatu kelainan yang menyerang pada system pembuluh darah sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh vena . Biasanya  sering timbul pada bagian kaki seperti otot yang mengeras dan bentuknya yang tidak teratur. Penyakit ini umumnya menyerang seseorang yang mempunyai aktifitas padat, seringnya terlalu lama berdiri, Pecandu nikotin/ rokok, sering memakai sepatu jenis  berhak tinggi, diabetes/ hipertensi dan juga faktor keturunan.

Bagaimana cara mengenalinya sejak dini, berikut ciri- ciri gejalan varises yang biasa timbul:

1. Sering mengalami kram pada kaki, padahal jika di lihat dari cara duduk anda dalam posisis santai
 ( mudah kram) . karena saat itu terjadi penyumbatan pada aliran pembuluh darah.

2. Ketika berdiri dalam waktu yang cukup lama terasa lelah pada tungkai kaki, terasa panas dan terasa tidak mampu menahan beban berat saat berdiri.

3. Ketika hendak tidur di malam hari kaki terasa panas dan pegal.

4. Apabila pada bagian kaki terkena luka, di rasakan lama untuk sembuh.

5. Perubahan pada warna kulit, biasanya agak kebiru- biruan, penyebabnya adalah dari faktor penyumbatan pembuluh darah.

Namun ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilkukan supaya tidak terkena varises. Berikut ini adalah tindakan pencegahan varises yang bisa dilkukan dengan mudah setiap hari.

1. Jangan langsung duduk jongkok setelah selesai berolahraga, berjalan jauh, berlalari, atau berdiri lama. Ini bisa mengakibatkan aliran darah pada pembulu darah kaki menjadi terhambat dan bisa mengakibatkan varises.

2. Regangkan kaki setiap ada lesempatan saat sedang melakukan aktifitas. Caranya adalah dengan duduk dilantai luruskan kaki kemudian pegang kedua ujung jempol kaki dengan tangan dan tari akan lebih bagus jika kita bisa sampai mecium lutut. Kegiatan ini berfungsi membuat otot menjadi relaks dan peredaran daha dikaki menjadi lebih lancar juga bisa mencegah varises timbul.

3. Saat sedang kelelahan karena berdiri berlari atau berjalan dengan durasi lama usahakan tidur malam dengan meletakkan kaki posisi lebih tinggi sedikit dibanding kepala. Biasanya denga cara mengganjal kaki dengan bantal. ini dapat membantu melancarkan peredaran darah dikaki.

Baca juga : Ciri Ciri Tahi Lalat Yang Berbahaya dan Tips Sederhana Mengatasi

Namun jika Anda sudah terlanjur menderita yang sudah masuk kategory kronis hendaknya mulai sekarang untuk mengobatinya dan berusaha menyembuhkan. Perawatan lebih aman adalah dengan membawa kedokter. Itulah tadi ciri ciri gejala varises dan cara pencegahan yang bisa dilakukan. (kesehatan)